Minggu, 21 Februari 2010

Ingin Lebih Ceria, Makan Keripik

Jika terlihat keripik di depan mata, pasti Anda tidak akan bisa berhenti untuk mengunyah. Keripik mungkin bukan makanan terbaik jika dipandang dari sudut pandang gizi. Tetapi, makanan kecil ini bisa memperbaiki suasana hati seseorang, dengan kata lain makan keripik bisa membuat Anda lebih ceria.

Berdasarkan penelitian mengkonsumsi keripik bisa meringankan dan memperbaiki suasana hati, membuat kita lebih tenang dan lebih ceria dalam menjalani kegiatan.

Ini terjadi akibat efek snack yang mengandung karbohidrat atau karena rasa dan bau yang mengingatkan seseorang pada suasana bahagia , seperti masa ketika kanak-kanak melakukan liburan di tepi pantai.

Dr Mike Green, seorang ahli psikologi berkaitan dengan makanan, meminta 60 pria dan wanita untuk menonton film lima menit yang menggambarkan secara grafis kerusakan yang ditimbulkan oleh bom atom dijatuhkan di Hiroshima pada tahun 1945.

Setengah dari orang itu kemudian diberi majalah untuk dibaca untuk mempengaruhi pikiran mereka, sementara yang lain diperintahkan untuk mengonsumsi keripik. Setelah melakukan aktivitas sesuai dengan permintaan si peneliti, para responden diminta mengisi kuesioner yang berkaitan dengan suasana hati.

Dr Green, dari Universitas Aston di Birmingham mengatakan, bahwa beberapa peserta atau responden yang merasa kecewa memiliki suasana hati yang lebih baik setelah mengkonsumsi keripik. "Bahkan, perasaan tenang bisa dirasakan setelah 20 menit. Mungkin akibat efek biologis dari komponen nutrisi pada otak secara kimia atau secara sederhana menimbulkan sensasi yang menyenangkan, yang dipicu oleh rasa keripik."

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa karbohidrat dapat mengangkat suasana hati. Dan studi menggunakan keripik dari bahan dasar kentang yang dibuat snack berupa keripik dengan aroma rasa yang dibeli di toko. Namun belum bisa diketahui apakah keripik kentang yang diproses dengan cara dioven bisa memiliki efek yang sama. VIVAnews -